Faktor – Faktor Mempengaruhi P.K

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

  • Faktor budaya. Budaya adalah penentu yang mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya adalah sekelompk nilai – nilai sosial yang diterima masyarakat secara menyeluruh dan tersebar kepada anggota – anggotanya melalui bahasa dan simbol – simbol.
  • Faktor sosial ini terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peranan, dan status. Kelompok referensi adalah kelompok yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang. Para anggota keluarga dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap perilaku pembeli.
  • Faktor pribadi, yang dimaksud dengan faktor pribadi meliputi usia dan tingkat daur hidupnya, pekerjaannya, kondisi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan konsep dir
  • Faktor psikologis, meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap. Motif adalah suau kebutuhan yang cukup kuat mendesak untuk mengarahkan seseorang agar dapat mencari pemuasan terhadap kebutuhan itu. Persepsi adalah proses memilih, mengorganisasi, dan menafsirkan masukan – masukan informasi oleh seseorang untuk menciptakan sebuah gambaran yang bermakna tentang dunia. Pembelajaran menunjukkan perubahan dalam perilaku seorang individu yanh bersumber pada pengalaman. Keyakinan merupakan suatu gagasan deskriptif yang dianut oleh seseorang tentang sesuatu. Sikap, penilaian kognitif yang baik maupun tidak baik, perasaan emosional, dan kecenderungan berbuat yang bertahan selama waktu tertentu terhadap beberpa obyek atau gagasan.

 

Kesimpulan : Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor – faktor yang ada di luar diri manusia (eksternal) dan faktor – faktor yang ada di dalam diri manusia (internal). Faktor  eksternal yang utama adalah faktor kebudayaan dan sosial, sedangkan faktor internal yang utama adalah faktor pribadi dan psikologis.

Referensi : Pandji Anoraga, S.E, M.M Manajemen Bisnis. Penerbit Rineka Cipta

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: