Kuis Manajemen Pemasaran

Pertanyaan – pertanyaan kuis Manajemen Pemasaran:

1.   Bagaimanakah pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran?

2.   Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?

3.   Bagaimana proses penelitian pemasaran?

4.   Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?

5.   Apakah faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen?

6.   Apakah variabel psikologis, variabel sosial, kondisi pada saat membeli yang

berkontribusi pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?

7.   Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?

8.   Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?

JAWABAN

1.   Pendekatan rancangan penelitian

  • Eksploratif  : Mengukapkan pendalaman suatu pandangan serta mampu menjelaskan struktur kejadiannya.
  • Deskripsi         : Berusaha menjelaskan tingkatan atau ikatan antar variabel
  • Kausalitatif   : Berusaha menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel – variabel

2.  Sumber – sumber informasi pemasaran

  • Analisis situasional      :   a. Permintaan

b. Saingan

c. Lingkungan umum

d. Lingkungan internal

  • Bauran Pemasaran       : a. Aspek barang

b. Aspek harga

c. Aspek distribusi

d. Aspek promosi

3. Proses penelitian pemasaran

a. Analisis situasi dan sistem informasi

b. Maksud penelitian dan identifikasi masalah

c. Tujuan penelitian

d. Estimasi nilai informasi penelitian

e. Rancangan penelitian

4.  Klasifikasi jenis data

a. Data sekunder   : Internal dan Eksternal

b. Data primer       : Penelitian eksplrolatif, penelitian deskriptif, penelitian kausalitatif

5.  Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen

a. Faktor Budaya adalah penentuan yang mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang

b. Faktor Sosial terdiri dari kelompok referensi, keluarga, peranan, dan status

c. Faktor Pribadi meliputi usia, dan tingkat daur hidupnya, pekerjaannya, kondisi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan konsep diri

d. Faktor Psikolog meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap

6.  Variabel psikologis, variabel sosial, kondisi mempengaruhi keputusan pembelian, karena :

  • Psikologis, mencakup fisik, psikis, hasrat
  • Sosial pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang
  • Kondisi adalah keadaan seseorang

7.  Pembentukan homogenitas pasar konsumen

  1. geografis meliputi dari wilayah pemukiman & perkotaan
  2. demografis meliputi dari usaha, jenis kelamin, pendapatan, persepsi
  3. psikografis meliputi dari sifat, motivasi, persepsi
  4. kebiasaan meliputi dari membeli / mengkonsumsi

8.  Proses segmentasi pasar yang mempengaruhi pembelian

  1. Identifikasi basis segmentasi pasar
  2. Mengumpulkan informasi pasar
  3. Mengembangkan komposisi profit segmentasi
  4. Penetapan konsekuensi pemasaran
  5. Estimasi masing – masing potensi segmen pasar
  6. Analisis peluang pasar
  7. Penetapan penguasaan pasar

Dengan cara segmentasi ini para produsen dapat menentukan pasaran barang yang akan dijual dan dapat memudahkan para pelanggan untuk membeli karena barang – barang mereka telah disesuaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: